Menanti Datangnya Hari Jum'at

Assalamu'alaikum wr.wb.
Selamat pagi guys.
 Bagi sebagian orang hari Jum'at adalah hari yang membahagiaan. Di negara-negara semenanjung arab, hari Jum'at juga menjadi hari libur karena bagi negara-negara muslim, Jum'at adalah hari raya bagi mereka dengan diadakannya Sholat Jum'at di siang hari. 
  Bagi saya pribadi dan teman-teman kantor hari Jum'at adalah hari yang teramat membahagiakan. Ya, karena hari Jum'at adalah hari terakhir kerja selama sepekan. Hari Jum'at juga merupakan hari yang padat aktivitas. Dari sejak bangun pagi hingga malam hari menjadi hari yang panjang bagi kami semua.
  Bangun pagi di hari Jum'at itu berarti hari kita biasa melakukan olahraga di kantor. Dimulai tepat pukul setengah tujuh, kita bisa memulai aktivitas olahraga sesuai dengan yang telah disepakati. Namun, senam dan jalan pagi adalah olahraga yang relatif bisa diterima oleh teman-teman kantor karena memadukan unsur gerak fisik dan cuci mata. Ketika jalan pagi kita akan banyak berjumpa dengan rombongan serupa yang berjalan pagi dan hilir mudik anak sekolah dan para pegawai berangkat sekolah atau ngantor.
  Usai berolahraga pagi, biasanya diteruskan dengan sarapan bersama. Untuk menghindari kebosanan, biasanya kantor kami mengundang penjual sarapan yang berbeda-beda tiap minggunya. Misalkan minggu ini bisa bubur ayam, maka minggu besoknya bisa bubur kacang ijo, somay, mie ayam, bakso, nasi kuning, nasi uduk ataupun soto. 
  Selesai sarapan pagi pelayanan kantor buka seperti bisanya hingga menjelang pukul setengah dua belas siang. Kami sebagi umat muslim diberikan waktu istirahat lebih lama dibanding hari biasa sehingga bisa Sholat Jum'at dan makan siang sampai dengan pukul setengah dua. Saya sebagai jama'ah Sholat Jum'at yang rajin mempunyai Masjid Idola sebagi tempat melaksanakan Sholat Jum'at. Masjid ini terletak di Jalur Lintas Tengah Sumatera di Kotabumi. Bangunan Masjid yang megah, bersih, dan dilengkapi berbagai fasilitas (tempat parkir yang luas) juga menjadi penyebab masjid ini teramat ramai di kala musim mudik. Masjid ini bersebelahan dengan Pom Bensin H. Yusuf tepat sebelah kiri jalan sebelum tugu selamat datang Kotabumi (Tugu Alamsyah RPN). Masjid berpendingin ruangan ini juga berada dibelakang Toserba Taruko Jaya yang menyediakan banyak sekali kebutuhan perjalanan anda. Terdapat Pool Bus Puspa Jaya dan rumah makan yang beranekaragam membuat masjid ini menjadi favorit banyak orang. Kami menyebutnya Masjid Syahmin.
 Pukul setengah dua pelayanan kantor kami buka kembali hingga tepat pukul tiga sore. Meski begitu kami belum tentu bisa langsung pulang. Pelayanan memang tutup pukul tiga sore, namun jam pulang kantor adalah tepat pukul lima sore. Hari Jum'at merupakan hari-hari yang amat dinantikan oleh kami yang mayoritas adalah perantau. Ya meski kami bekerja di Kotabumi, namun 75 % dari kami berasal dari kota-kota di sekitar Kotabumi. Sebagian besar berasal dari Bandar Lampung meskipun ada sebagian kecil yang berasal dari Metro, Lampung Tengah ataupun Pringsewu.
 Tepat pukul lima sore kami meninggalkan kotabumi untuk sementara waktu menemui keluarga kami masing-masing. Ada yang menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Kami tak menggunakan jasa kereta api (meskipun ada) karena waktu keberangkatan kereta tak sesuai dengan jam pulang kantor kami (pukul 16.45 WIB). Kamipun sampai di rumah masing-masing diantara pukul delapan sampai sembilan malam. Bagi saya sendiri Jum'at malam adalah malam dimana saya bisa tidur malam dengan nyenyak. Ya, tidur dirumah sendiri bersama anak-anak dan isteri adalah nikmat yang tak bisa didustakan. 
  Dan Senin dinihari sebelum Shubuh, kami berkejaran lagi dengan waktu memburu absen pagi pukul 07.30 WIB di Kotabumi. Yah waktu terulang kembali menanti setiap Jum'at.

Wassalamu'alaikum wr.wb


Komentar

Postingan Populer