Nasi Gemuk (Sarapan Lezat khas Jambi)

Selamat siang Guys.
source : www.google.com

Bagaimana makan siang anda setelah aktivitas padat di Jum'at siang ini? Tentu setelah selesai Sholat Jum'at dan makan siang, rasa kantuk pasti menyerang dengan hebatnya. Namun tentunya bagi sebagian orang yang masih harus tetep bekerja, rasa kantuk itu tetap harus bisa dikalahkan. Apalagi sebagian dari para pekerja bakal menyambut hari libur setelah sore ini berakhir. Bahagia kan Guys?
Kali ini saya akan sedikit bercerita sedikit tentang kuliner yang sudah setia menemani saya ketika masih bertugas di Jambi. Ya makanan ini menjadi menu favorit saya untuk mengisi perut dikala keroncongan di pagi hari. Selain harganya yang murah bingits juga karena menu ini ada di setiap penjuru kota dengan berbagai ragam variasinya.
Oh ya kami menyebutnya dengan nama Nasi Gemuk. Asal usulnya masih menjadi misteri hingga saat ini. Akan tetapi kalian-kalian masih boleh menduga-duga koq asal-usul nama Nasi Gemuk itu dari apa. Saya menduga sebagian dari pembaca menganggap bahwa Nasi Gemuk terinspirasi karena memang bisa membuat kita cepat menjadi gemuk. Sedangkan saya yang jawa tulen malah sempet membayangkan (sebelum benar-benar tahu dan mencicipinya) kalau nasi gemuk itu seperti nasi yang disiram kuah seperti gemuk (oli bekas). Ternyata saya salah besar. Dan anggapan kalian-kalian kalau nasi gemuk memang bisa membuat kalian cepet gemuk tidak sepenuhnya salah loh guys. Itu kalau kalian sarapannya dengan porsi yang berlebihan semisal 3 piring :-). 
Pada dasarnya Nasi Gemuk hampir sama dengan nasi uduk. Nasi gemuk dibuat dari bahan beras, santan, daun salam, daun pandan, dan daun jeruk. Tapi ingat ya guys kalau nasi gemuk lebih banyak volume santannya dibanding dengan nasi uduk. Itu yang membuat nasi gemuk lebih terasa gurih dan maknyus. Untuk memperkuat rasa dan membuatnya makin enak, ditambahkan juga bumbu halus yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, lada, ketumbar, dan jintan. Sebagai teman setia, biasanya Nasi Gemuk di padupadankan dengan bawang goreng, orek tempe, teri medan, irisan timun, irisan telur, sambel goreng dan kerupuk. Bisa juga ditambahkan dengan aneka macam gorengan.
Anda tertarik mencicipinya? Cobalah sekali-kali ketika anda berkunjung ke Jambi. Nasi Gemuk favorit saya adalah Nasi Gemuk Sejahtera yang berada di Jalan Baru seberang Masjid Ar Raudah Telanaipura, Kota Jambi. Sensasi gurih dengan campuran teri medan dengan aneka gorengan membuat sarapan anda serasa makan siang.

Happy Weekend ya Guys.

Komentar

Postingan Populer