Belajar Dari Pohon Singkong (Super)

Assalamu'alaikum wr.wb.

  Selamat siang sahabat-sahabatku. Semoga senantiasa dalam kebahagian batin maupun fisik. Oh ya sahabat, kebahagiaan batin hanya bisa kita peroleh lewat kepasarahan kepada Alloh SWT, Tuhan seru sekalian alam. Pasrah disini berarti ikhlas dan merelakan apa yang sudah menjadi ketentuanNya, menghindari apa yang tak disukaiNya dan melaksanakan apa yang di  perintahkanNya. Kebahagiaan fisik niscaya diperoleh jika batin kita bahagia. Oh ya, Tuhan tentu juga senang jika umat manusia senantiasa menjaga kesehatannya. Melalui makanan yang halal lagi seimbang nilai gizinya, istirahat yang cukup dan olahraga yang teratur.

  Termasuk aktivitas di pagi hari tadi saya niatkan juga untuk mendapatkan kebahagiaan batin dan fisik. Berjalan di pagi hari, melewati perkebunan singkong karet bagi saya adalah kebahagiaan yang tidak terperi. Mengapa begitu? Bayangkan saja ditengah perkotaan yang cukup padat, perkebunan karet yang terhampar, meskipun tidak begitu luas cukup menyegarkan paru-paru saya yang tiap harinya bekerja di kantor yang depannya adalah jalur lintas sumatera yang penuh dengan polusi. Suasana sepi pada jam 6 pagi tanpa lalu lalang anak sekolah menambah kesejukan hati maupun raga.
   Sementara pohon singkong karet berjajar rapih, terselip 2 buah pohon singkong berukuran raksasa yang terlihat unik. Mengapa unik? Ya, karena singkong berukuran raksasa ini merupakan okulasi dari batang pohon singkong biasa dengan bagian pucuk singkong karet. Singkong ini disebut juga dengan super atau Singkong Mukibat (nama petani yang pertama kali menemukannya). Singkong super ini merupakan perpaduan singkong biasa yang umbinya kecil dan bisa dimakan dengan singkong karet yang umbinya besar tapi beracun. Jadilah perpaduan Singkong Mukibat, singkong besar dan umbinya bisa dikonsumsi.
    Sebagai insan manusia yang selalu belajar dari alam, tentu kita bisa mengambil banyak hikmah dari keberadaan pohon singkong super ini.  Beberapa hal tersebut bisa kita uraikan satu persatu

  1. Batang pohon singkong raksasa yang besar bisa menjadi alternatif berteduh di siang hari yang terik. Anda tentu tidak bisa mengandalkan berteduh dibawah pohon singkong biasa bukan? Begitu pula dalam keseharian kita. Ketika kita bisa melakukan kebaikan yang biasanya diluar kemampuan kita, tentu kebahagiaan kita akan berlipat-lipat.
  2. Batang pohon singkong super ini masih bisa distek sekali lagi untuk mendapatkan bibit singkong super tanpa perlu okulasi singkong karet dengan singkong biasa lagi. Dengan begitu bisa sedikit menghemat biaya produksi. Dalam kehidupan sehari-hari ketika kita bisa meringankan sedikit beban orang lain, tentu Tuhan juga akan memberikan keringanan atas beban hidup kita.
  3. Berat umbi pohon singkong raksasa bisa mencapai 10 x lipat berat umbi pohon singkong biasa. Ini bisa dijadikan alternatif makanan di masa depan dimana lahan produktif semakin terbatas. Dalam kehidupan nyata, ketika kita bisa memberikan kebaikan ke lebih banyak orang tentu kan menjadi hal sangat menggembirakan
  4. Dengan penanganan tertentu, daun pohon singkong super masih bisa dikonsumsi untuk kegunaan tertentu sebagai obat. Dalam pergaulan sehari-hari terkadang hal buruk pun mengandung hikmah yang bisa menuntun kita untuk menjadi lebih baik. Di sisi lain daun pohon singkong super mengajarkan kita akan kewaspadaan terhadap semua hal terutama akan hal-hal buruk yang bisa terjadi kapanpun.
Itu saja mungkin sedikit pelajaran yang bisa kita petik dari perjalanan melewati kebun pohon singkong. Semoga kita bisa mengambil pelajaran dari semua perjalanan hidup yang telah kita lewati
Salam Bahagia
Wassalamu'alaikum wr.wb.
   

Komentar

Postingan Populer