Kimal Park Tirta Shinta (Alternatif Terbaru Wisata Masyarakat Kotabumi Lampung Utara)

Selamat pagi sahabat,
Bagaimana kabar sahabat hari ini. Tentunya sehat semua bukan? Kali ini saya ingin mengajak anda semua berjalan-jalan menelusuri tempat wisata terbaru di Kotabumi, Lampung Utara. Mengapa disebut tempat wisata terbaru? Ya, meskipun bendungan ini adalah bendungan lama, pengelolaan ulang dan peresmiaannya baru dilakukan tanggal 22 April 2016 kemarin. Pengerjaan fisiknya belum sepenuhnya tuntas. Dan perlu pembaca ketahui, bendungan ini adalah bendungan terdekat dengan pusat kota dan satu-satunya yang dikelola bersama antara Pemerintah Kabupaten Lampung Utara dan pihak Kimal. 
Letak bendungan ini tepatnya dibelakang Balai Desa Wonomarto, Kecamatan Kotabumi Utara, Kab. Lampung Utara. Dengan sepeda motor jarak 10 km bisa ditempuh dalam waktu 20 menit. Akan tetapi jika menggunakan kendaraan roda 4 diperlukan waktu lebih lama, sekitar 40 menit. Hal ini disebabkan buruknya akses jalan menuju lokasi bendungan. Masalah klasik di republik ini tentunya. Akan tetapi kekecewaan anda akan jalan yang buruk akan terobati ketika telah sampai ketempat tujuan. Bendungan luas yang membentang dengan pohon-pohon besar di pinggirnya dan perkebunan tebu yang terhampar luas di seberang bendungan serasa menghipnotis mata kita dan melepaskan penat di fikiran.
Untuk memasuki bendungan ini tidak dipungut biaya sepeserpun. Sediakan saja untuk parkir kendaraan anda. Terdapat berbagai permainan yang bisa dilakukan di bendungan ini. Anda yang suka bergelayutan di pohon terdapat wahana flying fox yang melewati beberapa pohon besar di pinggir bendungan. Terdapat juga wisata perahu di telaga sari makmur yang bisa dinikmati para pengunjung. Bisa dengan sepeda air yang bisa dipakai berdua. Misalkan anda dengan pasangan anda mungkin? Ada juga perahu kayu yang bisa ditumpangi hingga delapan orang dengan seorang pengemudi. Atau anda ingin merasakan sensasi naik banana boat? Semua bisa anda nikmati dengan harga yang relatif murah. Terdapat juga beberapa pulau buatan di tengah bendungan yang terhubung oleh jembatan bambu. Ketiga pulau buatan tersebut diberi nama Pulau Selfie Apung, Pulau Bidadari dan Pulau Cinta. Terdapat perahu karet bagi pengunjung yang akan menyeberang ke pulau-pulai buatan tersebut. Atau anda ingin mancing? Di area lain terdapat keramba yang bisa digunakan untuk memancing. Terdapat ikan belida, gabus, nilai juga baung yang bisa anda bawa pulang secara gratis. Itu jika memang hari itu adalah hari keberuntungan anda.

Bendungan lama tapi baru ini ramai dikunjungi tidak hanya pada hari libur. Bahkan ketika saya mengunjungi bendungan ini pada hari biasa saat menjelang maghrib, masih terdapat beberapa pengunjung yang sepertinya enggan beranjak menikmati suasana bendungan.
Dan pada akhirnya, perbaikan terus menerus di sana-sini, menambahkan ruang-ruang terbuka bagi pengunjung, menciptakan rasa aman para pengunjung, perbaikan akses menuju lokasi wisata mutlak dilakukan guna tetap mempertahankan bendungan ini sebagai kebanggaan masyarakat Kotabumi, Lampung Utara. 
Indonesia itu memang teramat indah kawan. Hanya kita yang bisa menjaga keindahannya. Dan Kita pula yang bisa menodai keindahannya. Tinggal pilih mana sahabat?
Salam Damai

Komentar

Postingan Populer