Tentang Hujan


source : www.google.com
Apakah hujan itu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) hujan adalah titik-titik air yang berjatuhan dari udara karena proses pendinginan. Sesederhana itu kah? Ya, hujan memang sederhana. Kita manusia yang terbiasa melebih-lebihkan sesuatu. Terutama tentang hujan. Membahas hujan akan terasa menarik. Otak kita akan mempersepsikan hujan dengan suasana dingin, basah dan redup. Ok guys berikut hal-hal menarik tentang hujan yang tak perlu anda perdebatkan. 
  1. Hujan menciptakan suasana dingin. Hawa dingin membuat tubuh kita perlu menyesuaikan diri. Itu kadang yang menyebabkan orang sakit kepala ketika berhujan-hujanan. Kondisi seperti ini membuat tubuh berusaha mengeluarkan energi lebih besar untuk mengurangi rasa dingin. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang hangat akan membuat tubuh kita lebih hangat dan lebih bisa beradaptasi dengan suasana hujan. Anda boleh menyiapkan susu, teh, kopi, atau coklat hangat yang dipadupadankan dengan mie rebus hangat. Bisa juga dengan  aneka gorengan hangat seperti singkong, pisang, tempe , tahu atau yang lainnya. Nikmat sekali bukan?
  2. Bau wangi atau harum setelah hujan reda. Air hujan yang turun dan menyentuh tanah, ilalang dan rerumputan seperti bercampur dan menciptakan senyawa yang menimbulkan sensasi segar ketika kita menghirupnya. Para ahli menamakannya senyawa petrichor
  3. Hujan membangkitkan memori-memori lama kita. Tak banyak hal yang bisa dilakukan ketika hujan. Aktivitas diluar ruangan akan terhenti seketika. Bahkan ketika kita sedang didalam mobilpun, hujan seperti menghipnotis kita. Membuat otak kita seperti berhenti berfikir. Di saat seperti itulah momen-momen indah maupun sedih dimasa lalu coba untuk melintas. Membuat kita melamun. 
  4. Karena membangkitkan akan momen-momen yang romantis tersebut hujan sering menjadi inspirasi bagi para  penulis atau pembuat film dalam menciptakan adegan-adegan yang bisa menghayutkan perasaan pembaca atau penonton. Adegan-adegan pertemuan, perpisahan, percintaan, perang, akan terasa lebih menghipnotis jika dilakukan di saat hujan turun.
  5. Hujan adalah berkah Tuhan. Bayangkan ketika musim panas mendera, maka datangnya hujan adalah berkah tak terperi. Sungai-sungai yang kering teraliri air dan sumur-sumur terisi. Pepohonan menghijau kembali dan bunga-bunga bermekaran. Menambah indahnya alam ciptaan Tuhan.
  6. Banyak sekali ungkapan (quotes) tentang hujan dari banyak penulis atau tokoh di dunia yang telah menginspirasi banyak orang. Contohnya : Kamu tahu hal yang paling romantis dari hujan? Dia selalu mau kembali meski tahu rasanya jatuh berkali-kali -endlesssend-. So sweet banget kan kawan? Atau mau quotes dari Tere Liye sang penulis muda kita. Kenapa kita mengenang banyak hal saat hujan turun? Karena kenangan sama seperti hujan. Ketika dia datang, kita tidak bisa menghentikannya. Bagaimana kita akan menghentikan tetes air yang turun dari langit? Hanya bisa ditunggu, hingga selesai dengan sendirinya.          
Yah, itu saja sekelumit tentang hujan ya kawan. Semoga hujan selalu bisa mengingatkan akan momen-momen bahagia anda. 
Salam penuh cinta.                                    

Komentar

Postingan Populer